Upaya Kesehatan Perseorangan yang selanjutnya disingkat UKP adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk peningkatan, pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan kesehatan perseorangan.

  • Pelayanan Pemeriksaan Umum

Pelayanan ini menyediakan pemeriksaan, konsultasi, dan pengobatan untuk keluhan kesehatan secara umum kecuali kondisi gawat darurat. Pelayanan kesehatan di BP Umum dilakukan oleh tenaga kesehatan dokter umum dan perawat. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pelayanan BP Umum juga terintegrasi dengan semua unit pelayanan lainnya di Puskesmas Ngaglik I.

  • Pelayanan Gawat Darurat

Pelayanan ini menyediakan tindakan medis dan terapi untuk mencegah kematian dan kecacatan akibat kecelakaan atau penyakit tertentu. Pelayanan yang dilakukan meliputi observasi, diagnosis, pengobatan, dan tindakan medis secara cepat terhadap kondisi gawat darurat.

  • Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

Pelayanan ini menyediakan pemeriksaan, konsultasi dan pengobatan dengan keluhan masalah paa gigi dan mulut. Pelayanan gigi & mulut di  Puskesmas Ngaglik I dilakukan secara integratif dengan unit pelayanan yang lain.

  • Pelayanan Kesehatan Keluarga yang bersifat UKP

Pelayanan ini sebelumnya adalah pelayanan kesehatan ibu dan anak yang sekarang menjadi pelayanan kesehatan keluarga yang terdiri dari pelayanan kesehatan ibu hamil, ibu nifas atau ibu menyusui, bayi, balita, imunisasi, remaja, pra nikah, kontrasepsi atau KB, Wanita Usia Subur (WUS), pra menopause atau menopause.

  • Pelayanan Gizi yang bersifat UKP

Pelayanan gizi dilakukan kepada individu sepanjang tahap perkembangannya, mulai dari bayi, balita, anak, remaja, dewasa, hingga lansia untuk mengatasi berbagai permasalahan gizi dan penyakit terkait pola makan. Pelayanan gizi di Puskesmas Ngaglik I juga menyediakan konseling laktasi kepada ibu menyusui untuk mendukung program ASI eksklusif.

  • Pelayanan Konsultasi Psikologi

Pelayanan ini menyediakan pelayanan konseling kesehatan mental atau jiwa secara individual bagi anak, remaja, dewasa maupun lansia; konseling pasangan, konseling keluarga, maupun konseling kelompok. Pelayanan psikologi terintegrasi dengan pelayanan lainnya di Puskesmas Ngaglik I.

  • Pelayanan Konsultasi Sanitasi

Pelayanan ini menyediakan pelayanan konseling terhadap penyakit berbasis lingkungan seperti tuberculosis, kulit, diare, demam berdarah dengue, dan lain-lain yang berbasis lingkungan yang dirujuk dari poli umum. Selain itu pelayanan konsultasi sanitasi juga menyediakan pelayanan uji kualitas air, uji makanan kepada klien.

  • Pelayanan Fisioterapi

Pelayanan ini menyediakan pelayanan fisioterapi terhadap keluhan gangguan kesehatan yang memerlukan terapi. Pelayanan fisioterapi dilakukan kepada pasien rujukan dari poli umum maupun pasien yang membutuhkan fisioterapi atas permintaan sendiri.

  • Pelayanan Laboratorium

Pelayanan ini menyediakan pemeriksaan darah, urin, swab hidung dan tenggorokan untuk penentuan kondisi kesehatan, jenis penyakit, penyebaran penyakit. Pelayanan laboratorium terintegrasi dengan pelayanan lainnya.

  • Pelayanan Kefarmasian

Pelayanan ini menyediakan berbagai macam obat untuk diberikan kepada pasien yang memerlukan obat sesuai dengan resep dari dokter umum dari berbagai poli. Jenis obat yang tersedia di Puskesmas Ngaglik I terdiri tablet, ampule, sirup dan puyer sesuai resep dari dokter umum.