Upaya Kesehatan Masyarakat Esensial

Upaya Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disingkat UKM adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan dengan sasaran keluarga, kelompok, dan masyarakat.Tambahkan blok

Upaya Kesehatan Masyarakat Esensial

Upaya Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disingkat UKM adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan dengan sasaran keluarga, kelompok, dan masyarakat.

  • Pelayanan Promosi Kesehatan

Promosi perilaku hidup bersih dan sehat merupakan kunci dari upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terdiri dari 13 indikator, yaitu : persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang balita setiap bulan di Posyandu, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan sabun, pengelolaan air minum dan makan di rumah tangga, penggunaan jamban sehat, pengelolaan limbah cair, membuang sampah pada tempatnya, pemberantasan jentik nyamuk, mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok. Kegiatan lain dari upaya promosi kesehatan adalah pembinaan dan pendampingan posyandu.

  • Pelayanan Kesehatan Lingkungan

Kesehatan lingkungan dicapai melalui berbagai kegiatan, beberapa diantaranya adalah pemantauan penggunaan air bersih, deklarasi stop BAB sembarangan, pemantauan jentik secara berkala, pengelolaan sampah yang terstandar, dan pemantauan tata kelola limbah di lingkungan rumah maupun instansi.

  • Pelayanan Kesehatan Keluarga bersifat UKM

Pelayanan kesehatan yang dilakukan kepada masyarakat sehat melalui berbagai kegiatan kepada sasaran ibu hamil, ibu nifas atau ibu menyusui, bayi, balita, imunisasi, remaja, pra nikah, kontrasepsi atau KB, Wanita Usia Subur (WUS), pra menopause atau menopause.

  • Pelayanan Gizi yang bersifat UKM

Pelayanan kesehatan yang dilakukan kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan lapangan seperti pemantauan pertumbuhan bayi balita, ASI eksklusif, kunjungan rumah kepada individu yang memiliki masalah gizi.

  • Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Pelayanan dengan berbagai kegiatan ke masyarakat, seperti penyuluhan atau kunjungan rumah kepada invidu atau kelompok untuk pencegahan maupun pengendalian penyakit, diantaranya :

  1. P2P Tuberkulosis, ISPA, dan Pneumonia
  2. P2P Demam Berdarah, Malaria, Leptospirosis, Rabies, Antrax, Zika, Japanese, Enchepalitis
  3. P2P Filariasis, Kecacingan
  4. P2P Kusta, Diare, Thypoid
  5. P2P HIV, AIDS, IMS, Hepatitis
  • Imunisasi

Pelayanan imunisasi yang bersifat UKM adalah imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang dilakukan kepada sasaran anak sekolah. Puskesmas Ngaglik I berkunjung ke sekolah untuk memberikan pelayanan imunisasi.

  • Kesehatan Haji

Pelayanan kesehatan tes kebugaran calon jamaah haji setiap tahun dilakukan oleh Puskesmas Ngaglik I kepada calon jamaah haji di wilayah kerja Puskesmas Ngaglik I.

  • Surveilans

Pelayanan yang dilakukan dengan kegiatan pemantauan, penyelidikan epidemiologi jika ditemukan kasus penyakit tertentu dan melakukan evaluasi trend penyakit di wilayah Puskesmas Ngaglik I.

  • P2P Tidak Menular

Pelayanan dengan berbagai kegiatan ke masyarakat, seperti penyuluhan atau kunjungan rumah kepada invidu atau kelompok untuk pencegahan maupun pengendalian penyakit, diantaranya : Hipertensi dan Diabetes Melitus.

  • Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas)

Pelayanan kunjungan rumah oleh tenaga kesehatan yang sesuai dengan permasalahan pasien. Upaya kesehatan ini juga bertujuan untuk menjangkau pasien yang kesulitan mengakses layanan dalam gedung.

Upaya Kesehatan Masyarakat Pengembangan

  • Pelayanan Kesehatan Gigi Masyarakat

Pelayanan yang dilakukan dengan kegiatan penyuluhan ke sekolah, masyarakat, posyandu tentang kesehatan gigi di wilayah kerja Puskesmas Ngaglik I.

  • Pelayanan Kesehatan Olahraga

Pelayanan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui olahraga. Puskesmas Ngaglik I mengadakan kegiatan senam untuk karyawan dan masyarakat umum setiap Jumat pukul 07.30. Kegiatan lainnya adalah tes kebugaran untuk karyawan, masyarakat dan calon haji yang dilaksanakan 1 (satu) tahun sekali.